Sondag 17 Maart 2013

variasi dalam pembelajaran



Keterampilan Mengadakan Vareasi Dalam Pembelajaran

Variasi adalah keanekaan yang membuat sesuatu tidak monoton dan begitu saja. Variasi di dalam kegiatan pembelajaran dapat menghilangkan kebosanan, meningkatkan minat dan keingintahuan siswa, melayani gaya belajar siswa yang beragam, serta meningkatkan kadar keaktifan siswa. Dari definisi di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa variasi gaya mengajar adalah pengubahan tingkah laku, sikap dan perbuatan guru dalam kontek belajar mengajar yang bertujuan untuk mengatasi kebosanan siswa, sehingga siswa memiliki minat belajar yang tinggi terhadap pelajarannya. Dan ini bisa dibuktikan melalui ketekunan, antusiasme, keaktifan mereka dalam belajar dan mengikuti pelajarannya di kelas. Anak tidak bisa dipaksakan untuk terus menerus memusatkan perhatiannya dalam mengikuti pelajarannya, apalagi jika guru saat mengajar tanpa menggunakan variasi alias monoton yang membuat siswa kurang perhatian, mengantuk, dan mengalami kebosanan.
Dalam keterampilan mengadakan variasi proses belajar mengajar, pada dasarnya dapat diklasifikasikan menjadi tiga aspek penggunaan variasi sebagai berikut :
1.             Variasi gaya mengajar.
Variasi ini meliputi variasi suara, variasi gerakan anggota badan dan variasi perpindahan posisi guru dalam kelas. Perilaku guru dalam mengadakan variasi tersebut dalam proses belajar mengajar akan menjadi dinamis dan mempertinggi komunikasi antara guru dan peserta didik, menarik perhatian peserta didik, menolong penerimaan bahan pengajaran dan memberikan stimulasi (dorongan atau pemberi semangat). Variasi dalam gaya mengajar ini adalah:
a.    Variasi suara.
b.    Penekanan (focusing).
c.    Pemberian waktu (pausing).
d.   Kontak pandang.
e.    Gerakan anggota badan (gesturing).
f.     Rendah posisi.
2.             Variasi  media dan bahan ajaran.
Tiap peserta didik mempunyai kemampuan indra yang tidak sama, baik pendengaran maupun penglihatannya, demikian juga kemampuan berbicara. Ada yang lebih enak atau lebih senang membaca, ada yang lebih senang mendengar dulu baru membaca, dan ada yang sebaliknya. Dengan variasi penggunaan media, kelemahan indra yang dimiliki tiap anak didik dapat dikurangi. Untuk menarik perhatian anak didik misalnya, guru dapat memulai berbicara lebih dulu, kemudian menulis di papan tulis dilanjutkan dengan melihat contoh kongkrit. Dengan variasi seperti itu dapat memberi stimulus terhadap indra anak didik.
3.             Variasi pola interaksi
Pola interaksi yang terjalin antara guru dengan siswanya merupakan kegiatan yang sering dijumpai dalam proses pengajaran. Guru yang baik adalah guru yang memberikan kesempatan anak didiknya untuk mengutarakan pendapatnya. Untuk merangsang siswa agar aktif untuk mengutarakan pendapat atau bertanya tersebut, perlu diadakan variasi pola interaksi antara guru dengan siswa.

Vareasi Stimulus
            Menurut Montessori dalam buku pembelajaran mikro bahwa anak memiliki masa peka terhadap segala stimulus yang diterima melalui panca inderanya. Dengan demikian panca indera yang dimiliki anak merupakan jalan untuk masuknya informasi. Semakin banyak dan bervariasi informasi yang ditangkap maka semakin banyak dan bervariaasi puula informasi yang diperolehnya.
Penerimaan informasi tentu saja tidak hanya dari segi banyaknya, melainkan keragaman informasi yang diperoleh. Ketika anak mengamati suatu gambar rumah dengan warna yang bermacam-macam, bagaimana bentuk atau modelnya, ukuran dan keragaman gambar rumah yang berfareasi. Maka anak akan mendapatkan informasi tentang warna, bentuk, ukuran serta variasi-variasi lain sesuai dengan apa yang ditunjukan dari gambar tersebut. Dapat disimpilkan bahwa yang dimaksed dengan variasi stimulus yaitu keragaman stimulus yang diberikan sehingga memungkinkan siswa dapat merespon melalui alat indera yang dimilikinya. Melalui pemberian stimulus yang bervariasi, selain akan memperkaya informasi yang diperoleh siswa, siswa juga akan menjadikanproses pembelajaran dapat berjalan secara dinamis dan tidak membosankan.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking