RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas
/ Semester : IV / I
Materi : Membaca Dan
Menggambar Peta Lingkungan
Setempat
Alokasi
Waktu :4 jam pelajaran X 35
menit
A.
Standar Kompetensi
Membaca Peta Lingkungan
setempat (Kab/ Kota, Provinsi) dengan menggunakan skala sederhana.
B.
Kompetensi
Dasar
Memahami sejarah, membaca peta, dan membuat peta lingkungan setempat dengan
menggunakan skala sederhana
C.
Indikator
- Membaca lambang/simbol dalam peta kabupaten/kota dan provinsi di lingkungan tempat tinggalnya dengan menggunakan skala sederhana
- Menunjukkan tempat-tempat penting di kabupaten/kota daerah tempat tinggalnya pada peta seperti tempat bersejarah, pelabuhan laut/udara, dan lain-lain
- Menunjukkan daerah tempat tinggalnya (kabupaten/kota)
- Menunjukkan ibukota dan namanya di provinsi tempat
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
melakukan ceramah dan diskusi kelompok, peserta didik diharapkan dapat:
- Menunjukan garis-garis batas yang ada di peta lingkungan setempat
- Menyebutkan simbol-simbol yang ada dalam peta
- Menyebutkan apa saja kenampakan alam yang ada di peta lingkunga setempat baik alami maupun buatan
- Membuat peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi)
- Mengukur jarak memakai skala sederhana
E.
Karakteristik
yang Diharapkan
Karakteristik yang
diharapkan dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
a. Aktif
b. Kreatif
c. Rasa hormat dan perhatian
F.
Materi
- Mengenal unsur-unsur peta
-
Judul
peta
-
Garis
tepi
-
Legenda
-
Skala
-
Penunjuk
arah
-
Garis
astronomis
- Membaca peta lingkungan setempat dengan skala sederhana
-
Cara
membaca peta
-
Membaca
peta kabupaten
-
Membaca
peta provinsi
- Menggambar peta lingkungan setempat dengan skala sederhana
- Mengukur jarak
G.
Metode
Metode yang digunakan
adalah metode ceramah dan diskusi kelompok.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
· Guru mengkondisikan kelas
· Guru mengabsen siswa dan berdoa
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
· Sebelum melakukan pembelajaran guru
bertanya hal sederhana seputar peta
2. Kegiatan Apersepsi
a. Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
- Guru membawa peta lingkungan setempat yang berisi simbol-simbol dan kenampakan alam untuk menjelaskan arti simbol dan garis-garis wilayah yang terdapat pada peta
- Siswa mempelajari simbol apa saja yang ada pada peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi)
- Siswa mempelajari apa saja yang terdapat pada peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi)
- Siswa mempelajari garis-garis wilayah pada peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi)
b. Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi :
- Guru membagi siswa dalam lima kelompok
- Guru memberikan penjelasan materi yang akan didiskusikan
- Siswa melakukan diskusi kelompok secara tertib
- Siswa memaparkan hasil diskusinya di depan kelas perkelompok secara bergiliran
- Siswa melakukan tanya jawab dengan siswa yang lain atas hasil diskusi yang telah di paparkan di depan
c.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
- Menugasi siswa maju membaca peta dan menunjukkan tempat-tempat penting di daerah kabupaten/kota, dan provinsi tempat tinggalnya
- Memberikan siswa tugas rumah
- Doa
I.
Media dan Sumber
Ø Peta wilayah kecamatan
Ø Peta wilayah Provinsi
Ø Atlas
Ø Buku
paket Pengetahuan Sosial
J.
Penilaian
& Penilaian
dilakukan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung
& Membuat
peta secara kelompok di rumah
CATATAN :
@
Pekerjaan Rumah di
kumpulkan pada pertemuan berikutnya
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking