Vrydag 13 September 2013



 FOTOSINTESIS 

1)   Pengertian 
Praktikum kali ini berjudul fotosintesis. Fotosintesis berasal dari kata foton yang berarti cahaya dan sintesis yang berarti penyusunan. Jadi fotosintesis adalah proses penyusunan dari zat organik H2O dan CO2 menjadi senyawa organik yang kompleks yang memerlukan cahaya. Fotosintesis hanya dapat terjadi pada tumbuhan yang mempunyai klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari. Intensitas cahaya matahari dan karbondioksida ikut mempengaruhi pembentukan oksigen pada proses ini.
2)    Tujuan
Tujuannya adalah untuk mengetahui proses fotosintesis pada daun singkong dan perbedaan antara daun yang singkong yang dilapisi dengan alumunium foil dengan yang tidak dilapisi alumunium foil.
3)   Alat dan Bahan
Ø Daun singkong
Ø Alumunium foil
Ø Betadin (iodin)
Ø Air ...
Ø Alkohol 70%
Ø Air putih
Ø 1 buah gelas .... besar/ panci
Ø 1 buah gelas...kecil
Ø Pipet
Ø Kompor
Ø piringan
4)   Prosedur Pembuatan
Ø 1 helai daun singkong yang masi di pohon di bungkus dengan alumunium foil pada pukul 6 pagi
Ø Lalu daun singkong tersebut di petik pada sore harinya
Ø Nyalakan api dan panaskan air di gelas besar
Ø Masukan gelas keecil yang berisi alkohol kedalam gelas besar yang berisi air
Ø Buka alumunium foil pada daun singkong dan masukan daun singkong yang telah di tutup dan yang tidak ditutup pada ait alkogol.
Ø Didihkan hingga daun singkong berubah warna atau tidak memiliki jat hijau lagi
Ø Angkat dan tiriskan di piring, lalu tetesi dengan iodin
Ø Amati perubahan warnanya.
Perbedaan warna antara daun singkong yang tertutup alumunium foil dengan bagian daun yang tidak ditutup dengan alumun, akan tampak warna biru kehitam-hitaman yang menandai bahwa pada daun telah terjadi proses fotosintesis. Hal ini disebabkan karena kertas alumunium foil mempunyai sifatmemantulkan cahaya matahari sehingga fotosintesis tidak dapat berlangsung. Berbeda dengan daun yang tidak ditutup. Akan tampak bercak-bercak ungu kehitam-hitaman yang menandakan adanya karnohidrat/amilum.
Pada daun yang ditutupi oleh kertas alumunium foil masih dapat melakukan respirasi dan transpirasi walaupun tidak mendapat sinar matahari yang cukup, hal ini jelas terlihat adanya amilum pada daun dengan jumlah yang sedikit. Namun pada daun yang tidak ditutupi terdapat banyak amilum sebagai tanda melakukan proses fotosintesis.
     Dari perbedaan warna yang terjadi atas perbedaan perlakuan menunjukkan bagian daun yang berbeda warna disebabkan oleh faktor kurangnya cahaya matahari, sehingga daun tersebut tidak dapat melaksanakan fungsi fisiologisnya secara sempurna. Dengan kata lain, secara umum fotosintesis hanya dapat berlangsung jika ada cahaya matahari yang cukup mengenai permukaan daun yang ditandai dengan adanya amilum pada daun.
     Menguji ada tidaknya amilum yang terdapat pada daun dilakukan dengan merebus daun pada air mendidih 2 menit, hal ini dilakukan agar sel dalam daun mati dan selama menjadikan sel-sel daun lebih permeabel terhadap iodium. Memasukkan daun dalam alkohol bertujuan untuk melarutkan klorofil dan menjadikan amilum lebih mudah bereaksi dengan larutan iodium. Setelah itu meletakkan daun pada cawan untuk ditetetsi permukaan daun dengan larutan lugol/iodium sampai merata. Perlakuan ini membuat daun menjadi berwarna biru kehitam-hitaman yang menunjukkan adanya amilum dalam jaringan daun.
     Proses pembentukan karbohidrat pada fotosintesis, daun yang diberi perlakuan dengan dipanaskan pada air mendidih kemudian dimasukkan dalam alkohol panas mengakibatkan pigmen daun jadi luntur. Daun yang semula berwarna hijau tua berubah menjadi hijau muda. Hal ini dimaksudkan agar ada tidaknya amilum pada daun dapat terlihat dengan jelas pada saat daun tersebut dicuci dengan larutan iodium. Larutan iodium disini berfungsi untuk memberikan warna pada daun agar dapat dibedakan bagian daun yang mengandung amilum dan tidak. Setelah dimasukkan dalam larutan iodium, daun yang telah ditutup sebelumnya berwarna agak kebiru-tuaan disekitar pinggir – pinggirnya dan di bagian – bagian yang tidak ditutupi lainnya, sedangkan bagian tengahnya atau bagian yang ditutupi berwarna sedikit lebih cerah. Hal ini disebabkan karena pada bagian yang ditutup tidak terjadi proses fotosintesis, sehingga dibagian tersebut tidak terdapat amilum yang ditunjukkan oleh warna biru tua kehitaman. Sedangkan pada daun yang tidak ditutup warna biru tua kehitamannya akan merata diseluruh bagiannya, karena pada seluruh bagian permukaan daun terjadi proses fotosintesis.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking